Penyelesaian OSN Matematika SMP 2011 dalam Beberapa Tanggapan

Sejak saya mecoba berkecimpung dalam dunia blogging 6 bulan lalu, tepatnya mulai 24 Nopember 2010, dengan postingan pertama Permendiknas Nomor 27 Tahun 2010 yang saya kutip dari http://akhmadsudrajat.wordpress.com/, saya semakin merasakan betapa besarnya ‘Ketergantungan’ saya pada setiap orang, khususnya bagi dari rekan-rekan guru matematika dan teman-teman blogger lainnya.

Beberapa hari yang lalu saya sempat menerbitkan postingan yang berjudul Soal OSN 2011 + Penyelesaian : Matematika SMP. Ada beberapa masukan yang sangat menambah wawasan dan pengetahuan saya, yang kesemuanya mengingatkan saya bahwa ‘saya butuh bantuan orang lain’.

Saya selaku guru matematika terlihat seperti orang ‘dungu’, tatkala menulis 2 – 4/3 = 1/3. Beruntung ada Pak Syaiful Arif yang mengingatkan. Kedunguan saya yang kedua  adalah tatkala menulis bahwa penyelesaian dari bilangan bulat berbentuk 4 : (4 – x) hanya dipenuhi 0, 2, dan 3. Padahal masih ada 5, 6, dan 8, sudut pandang saya hanya mengarah ke sisi ‘positif’ saja dan melupakan sisi’negatif. Kembali Pak Syaiful Arif  mengingatkan hal tersebut. Kedunguan ketiga adalah tatkala saya menulis “ untuk 2a = b2 – 1, jika a = 1 maka b2 = 1”. Beruntung ada Pak Syaiful Arif  yang kembali memberikan peringatan.

Selanjutnya datang Pak Robert Sinaga yang mengingatkan bahwa H adalah suatu himpunan (soal nomor 30/B5), sehingga penyelesaiannya adalah 169. Peringatan itu juga diperkuat oleh Pak Syaiful Arif .

Ternyata saya masih punya kedunguan yang keempat, yaitu tatkala saya menulis ½ x 2/5 = 1/10 padahal seharusnya 1/5.  Sehingga penyelesaianya menjadi 1/25. Kedunguan itu baru saya sadari ketika saya melihat kembali dokumen tersebut oleh karena adanya tanggapan dari Bapak Robert Sinaga. Namun sekedar share untuk Pak Robert Sinaga, bahwa peluang Anto (dan juga yang lain) untuk mendapatkan 1 permen memang 1 (pasti) karena 5 permen dibagi masing-masing 1. Tetapi dalam hal ini yang menjadi patokan adalah peluang semua berdasarkan warna permen, sehingga peluang pasti (1) adalah untuk semua warna terbagi habis.

Dengan peluang Anto mendapatkan 1 permen jahe = 1/25, maka peluang anto mendapat permen jahe yang lain juga 1/25, permen jeruk 1/25, permen jeruk lain 1/25, dan permen 1/25. Dengan total 5/25. Sehingga peluang kelimanya adalah 5 x 5/25 = 1(pasti)

Kemudian untuk Pak Syaiful Arif  dalam soal nomor 22 sebetulnya tidak ada kesalahan, tetapi kita punya cara berbeda, terima kasih untuk masukan cara barunya.

Selanjutnya saya berharap kiranya Bapak/Ibu yang lain juga bersedia membantu saya dalam banyak hal, tidak hanya dalam masalah Penyelesaian Soal OSN 2011 ini saja. Saya tidak punya arti tanpa bantuan Bapak/Ibu. <<0>>

About these ads

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Mei 18, 2011, in Matematika. Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. Inilah manfaat kita ngeblog, Mas. Bisa saling koreksi dan mengapresiasi. Mari lanjutkan berkontribusi pada pendidikan. Setidaknya kita peduli.

  2. Bpk terlalu merendah dgn kata “dungu”,
    Itu hanya sebuah kesilapan, yg dapat dialami setiap orang, dan untuk itulah kita perlu saling berbagi…..

    sedikit mau saya tanggapi lagi,..mengenai soal OSN kab 2011 tentang, “permen-permen” itu.
    kalau misalnya permen yang dibagitan itu semuanya berbeda rasa ” jahe, apel, jeruk, mangga, dan nenas.
    apakah peluang anto mendapatkan permen rasa jahe juga 1/25 ???

  3. komen dikit.
    untuk soal nomor 22 soalta yang salah pak.
    soalnya kan 12345679, bukan 123456789.

  4. asslm..tolong ya pak dibahas soal2 OSN tgkt provinsi 2011 berikut
    1. jika x adalah jumlah 99 bilangan ganjil terkecil yang lebih besar dari 2011 dan y adalah jumlah 99 bilangan genap terkecil yang lebih besar dari 6, maka x + y adalah..
    2. jika f adalah fungsi sehingga f(xy)= f(x-y) dan f(6) =1, maka f(-2)-f(4) =….
    3.jika bilangan bulat x dan y dibagi 4, maka bersaisa 3. jika bilangan x-3y dibagi 4, maka bersisa…..

    4.diketahui bil.bulat positif n memiliki sifat-sifat berikut.
    2 membagi n, 3 membagi n+1, 4 membagi n+2, 5 membagi n+3, 6 membagi n+4, 4 7membagi n+5, 8 membagi n+6. Bilangan bulat positif pertama yang memiliki sifat-sifat ini adalah 2. Tentukan bilangan bulat positif ke-5 yang memenuhi sifat-sifat diatas

    5.diketahui budi adalah siswa laki-laki dan wati adalah seorang siswa perempuan. saat ini mereka duduk dikelas IX pada suatu sekolah. mereka mencatat banyak siswa kelas IX disekolah mereka. Wati mencatat,3/20 dari total siswa dikelas IX adalah laki-laki. sedangkan menurut catatan budi, 1/7 dari total siswa dikelas IX selain dirinya adalah laki-laki. banyak siswa laki-laki disekolah mereka adalah…

    8. tiga bilangan a,b,dan c dipilih sehingga ketika setiap bilangan ke rata-rata dua bilangan lainnya maka berturut-turut hasilnya adalah 80,90, dan 100. Rata-rata dari a, b, dan c adalah…

    9. sebuah bilangan bulat x diambil secara acak dari ( xI -5 <= x <= 10, x bilangan bulat ). peluang bahwa x adalah penyelesaian pertidaksamaan akar (x^2-3x) <= 2 adalah….

    soal uraian osn tgkt provinsi
    1. saat ini umur agus dan umur fauzan kurang dari 100 tahun. jika umur agus dan umur fauzan ditulis secara berurutan, maka diperoleh suatu bilangan empat digit (angka) yang merupakan kuadrat sempurna. dua puluh tiga tahun kemudian, jika umur mereka ditulis dengan cara yang samqa, mka diperoleh bilangan empat digit lain yang juga merupakan kuadrat sempurna. jika umur mereka diasumsikan merupakan bilangan bulat positif, berapakah umur mrk saat ini?

    2. pada sebuah segiempat ABCD, sudut ABC dan sudut DAC adalah sudut siku-siku. jika keliling segi empat ABCD adalah 64 cm, keliling ABC adalah 24 cm, dan keliling ACD adalah 60 cm, berapakah luas segiempat ABCD?

    5. banyak bilangan 3 digit (angka) yang terdiri dari angka-angka 0,2,3,5,7,8 yang lebih dari 243 dan kurang dari 780 adalah…..
    data akhir suatu kompetisi yang diikuti oleh tiga tim sepakbola, masing-masing tim saling berhadapan, dituliskan pada berikut.

    tim Menang Kalah Seri Gol(memasukkan-kemasukan)
    elang 1 0 1 5 2
    garuda 1 0 1 4 3
    …merpati 0 2 0 3 7

    berapakah skor pertandingan antara tim garuda melawan tim merpati?

    4. Tiga garis lurus l1, l2, dan l3 mempunyai gradien berturut-turut 3, 4, dan 5. ketiga garis tersebut memotong sumbu -Y dititik yang sama. jika jumlah absis titik potong masing-masing garis dengan sumbu -X adalah 47/60, tentukan persamaan garis l1

    3. diketahui bil.bulat positif n memiliki sifat-sifat berikut.
    2 membagi n, 3 membagi n+1, 4 membagi n+2, 5 membagi n+3, 6 membagi n+4, 4 7membagi n+5, 8 membagi n+6. Bilangan bulat positif pertama yang memiliki sifat-sifat ini adalah 2. Tentukan bilangan bulat positif ke-5 yang memenuhi sifat-sifat diatas

  5. res c'kechee bisz

    bapak aku suka sekalii sama pelajaran matematika dan aku akan mengikutii pasiad matematika , aku ingin bisa lebih ahlii dan terampil dalam menyelesaikan soal matematika , bisa kah bapak memberikan cara-cara atau penyelesaian yang lebih mudah dan cepat ??????????????
    di tunggu balasannya secepat mungkin yah pak
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 111 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: