Mempersiapkan peserta didik dalam OSN

Dalam rangka mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi lomba-lomba matematika, seperti OSN, seorang guru dituntut untuk membekali peserta didik dengan berbagai model permasalahan yang menuntut adanya kreatifitas dan daya nalar peserta didik dalam menyelesaikannya. Model soal semacam itu sangat berbeda jauh dengan model soal yang biasa kita pakai dalam kegiatan ulangan ataupun ujian, yang hanya datar-datar saja. Model soal yang membutuhkan kreatifitas dan daya nalar peserta didik, sebetulnya hanya berpijak pada teori yang biasa kita pakai dalam pembelajaran biasa, namun si pembuat soal begitu pandai meracik soal sehingga soal menjadi sangat berbobot. Bahkan kita para gurupun, jika tidak sering berlatih, menjadi kelabakan dalam menyelesaikannya.

Dalam hal memperkaya khasanah pengetahuan para guru, saya mencoba mendownload beberapa soal contest matematika internasional, seperti soal IMO, Tournament of the Towns, Po Leung Kuk, AMC/ASHME/AIME, WA Junior, dan lain-lain. Pertama-tama saya merasa bodoh sendiri, karena tidak mampu menyelesaikan beberapa soal tersebut, namun dengan kerja keras saya terus berusaha menyelesaikannya.

Pengalaman tersebut saya sebut sebagai pengalaman yang sangat memalukan, karena bagaimana mungkin saya seorang guru dan sarjana matematika tidak dapat menyelesaikan soal-soal tingkat anak sekolah. Pengalaman itu pula yang mendorong saya untuk mencoba berbagi kepada bapak/ibu guru matematika yang lain, terutama dari pedesaan, agar tidak ketinggalan dan terus terasingkan dan tidak dapat menyelesaikan soal-soal lomba matematika tingkat peserta didik.

Sebagai bahan pembinaan kepada peserta didik dan sekaligus sebagai bahan untuk memperkaya khasanah kita para guru, berikut ini saya mempostingkan file soal Po Leung Kuk Primary yang telah saya coba edit dalam bahasa indonesia.

Po Leung Kuk

saya mohon maaf, karena keterbatasan pengetahuan bahasa inggris saya, maka mungkin pengeditan saya dalam file tersebut ada kesalahannya. terima kasih dan semoga bermanfaat….

disamping itu berikut adalah soal-soal (dalam teks asli) yang saya ambil dari Tournament of The Towns

TT2007F_SOproblems

TT2007F_SAproblems

TT2007F_JPproblems

TT2007F_JOproblems

TT2007F_JAproblems

TT2006S_SAproblems

TT2006S_JOproblems

TT2006S_JAproblems

TT2006F_SOproblems

TT2006F_SAproblems

TT2005S_SOproblems

TT2005F_SOproblems

T2006F_JOproblems

 

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Desember 8, 2010, in Matematika. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. sy sdh baca tulisan anda, maju terus n semangat y ?

  2. kalau ada muat juga juknis peghitungan akjg yang baru. buat labarasi, makasih…(sujibima)

Tinggalkan Balasan

  • Back Link

