Soal Menawan from IMSO Taiwan 2006

Pengetahuan matematika tidak dapat diasah dengan hanya membaca dan menghafal konsepnya saja, yang paling utama adalah dengan terus berlatih untuk mengerjakan soal-soal. Dengan demikian, maka perlu adanya sarana berupa soal-soal latihan yang banyak bagi siapa saja yang berminat untuk terus mengasah kemampuan matematikanya, terutama bagi siswa-siswa yang akan menhadapi ujian ataupun kompetisi matematika.

Sebagai sarana berlatih, berikut saya kutipkan beberapa soal yang sangat berbobot yang kutip dari soal kompetisi “Intenational Mathematics and Science Olympiad (IMSO) Taiwan 2006. Soal-soal tersebut saya coba edit dalam bahasa indonesia sekemampuan saya. Soal-soal berikut sangat cocok untuk melatih siswa-siswa SD dan SMP, namun untuk memperkuat penalaran, siswa SMA pun perlu memperdalam ilmu matematika dengan mengerjakan soal-soal berikut.

  1. Berapa selisih antara 1 + 2 + 4 + 8 + 16 + 32 + 64 + 128 + 256 + 512 + 1024 dengan 2048?
  2. Hitunglah hasil dari ½ + (1/3 + 2/3) + (1/4 + 2/4 + ¾) + … + (1/10 + 2/10 + … + 9/10)
  3. Berapa banyak dari 25 buah bilangan bulat yang pertama yang dapat dinyatakan sebagai hasil kali dari dua bilangan prima yang berbeda?
  4. Berapa kali angka 9 muncul dalam jawaban, manakala kita mengurangkan 1010101 dari 1000000000000?
  5. Andy dan Jack masing-masing memiliki sejumlah lilin. Andy memberikan setengah dari lilinnya ke Jack, kemudian jack memberikan 1/3 dari lilinya ke Jack. Akhirnya mereka masing-masing memiliki 20 lilin. Berapa jumlah lilin Andy mula-mula?
  6. Sebuah persegi panjang memiliki panjang yang panjangnya 9 kali lebarnya. Berapa perbandingan keliling persegi panjang tersebut dengan keliling persegi yang memiliki luas yang sama dengan persegi panjang tersebut?
  7. Pada sebuah segitiga, panjang salah satu sisinya adalah 3,8 cm dan panjang sisi yang lainnya adalah 0,6 cm. Diketahui bahwa panjang sisi ketiga, jika dinyatakan dalam centimeter, adalah bilangan bulat. Tentukan panjang sisi ketiga tersebut?
  8. A adalah bilangan 5-angka. B adalah jumlah digit dari A. C adalah jumlah digit dari B. Berapa nilai paling besar yang mungkin untuk  C?
  9. Kubus ABCDEFGH memiliki panjang rusuk 2 cm. K adalah titik tengah GH. Berapa panjang AK?
  10. a, b, c adalah 3 buah bilangan positif sehingga a + b + c = 21, a x a + b x b + c x c = 147 dan a x a x a + b x b x b + c x c x c = 1029, berapakah nilai dari 3a – 2b – c?

Demikian dulu yang dapat saya sajikan. Dalam turnamen tersebut ada 20 soal jawaban singkat, 10 soal uraian, dan 5 soal eksplorasi. Soal-soal di atas sebagian dari soal jawaban singkat. Untuk soal-soal yang lainnya akan disajikan pada kesempatan berikutnya. SEMOGA BERMANFAAT

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Desember 27, 2010, in Matematika. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: