Deklarasi Kepemimpinan Spiritual “11111”

Liputan6.com, Jakarta: Selain umumnya dimanfaatkan untuk menggelar pesta pernikahan, ternyata tanggal cantik 11 Januari 2011 (11-1-11) atau “11111” juga dimanfaatkan para tokoh spiritual di Tanah Air untuk menggelar deklarasi kepemimpinan spiritual Indonesia di Solo, Jawa Tengah, Selasa (11/1).

Menurut koordinator deklarasi Boki Ratu Nita, aksi ini digelar karena kepemimpinan formal di Indonesia saat ini dipandang belum amanah dalam mengemban kepentingan rakyat. Ia juga membantah jika deklarasi ini dinilai sebagai gerakan politik. Menurutnya, deklarasi ini lebih sebagai bentuk kepedulian para tokoh spiritual di Indonesia terhadap nasib bangsa yang belakangan banyak dilanda bencana.

Prosesi deklarasi kepemimpinan spiritual Indonesia ini sendiri diawali arak-arakan pusaka yang dibawa para petugas pengibar bendera dengan diiringi kesenian Reog Ponorogo. Sesampai di kompleks Tugu Kebangkitan Nasional atau Tugu Lilin di Kawasan Penumping, Solo, arak-arakan langsung disambut pekik persatuan Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Rayasebelum disusul dengan persembahan panembrama atau tembang-tembang Jawa. Sebagai simbol menyatunya manusia, alam dan sang Maha Pencipta, para peserta aksi juga mengelilingi Tugu Lilin sebanyak tiga kali.

Aksi yang juga dihadiri tokoh nasional Permadi SH ini diakhiri dengan penyerahan sejumlah pusaka sebagai simbol akan datangnya kemakmuran. (CHR/YUS)

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Januari 12, 2011, in Lain-lain. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Dengan masih dikumandangkannya lagu Indonesia Raya, maka rasa kecintaan akan tanah air tetap akan muncul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: