Soal Olimpiade Matematika : WA Junior 2007

Soal 1

Aku adalah bilangan dua angka. Aku kurang satu dari kelipatan 8 dan 3 kurangnya dari kelipatan 7. Berapa nilai aku yang paling kecil yang mungkin?

Soal 2

Gambar yang tak berskala berikut ini menunjukkan sebuah persegi panjang yang terbagi atas empat buah persegi panjang. Luas tiga buah persegi panjang ditunjukan pada gambar. Berapa luas persegi panjang yang utuh (persegi panjang mula-mula)?

Soal 3

Dari sebuah kelompok yang terdiri dari pria dan wanita, 15 wanita keluar dari kelompok tersebut, hingga banyak wanita dalam kelompok yang tersisa adalah dua kali banyak pria. Kemudian 45 pria keluar dari kelompok tersebut, hingga banyak pria yang tertinggal menjadi lima kali banyak wanita. Berapa banyak wanita mula-mula?

Soal 4

Segilima beraturan memiliki 5 diagonal dan kelimanya sama panjang. Segienam beraturan memiliki sembilan diagonal dan diantaranya ada 2 yang berbeda panjang.

Jika kita membuat semua diagonal dari segi-20 beraturan, berapa banyak diagonal yang berbeda panjang?

Soal 5

Ada 3 kartu di atas meja, masing-masing diberi nomor bilangan bulat positif. Alice mengambil dua kartu dan menyatakan bahwa jumlahnya bilangan yang tertulis pada kedua kartu tersebut adalah 54. Bill mengambil dua kartu dan menyatakan bahwa jumlahnya bilangan yang tertulis pada kedua kartu tersebut adalah 41, dan akhirnya Cyril mengambil dua kartu dan menyatakan bahwa jumlahnya bilangan yang tertulis pada kedua kartu tersebut adalah 33.

Berapa jumlah semua bilangan pada ketiga kartu tersebut?

Soal 6

Diberikan bilangan bulat positif a, b, c, dan d dengan a < 2b, b < 3c, c < 4d, dan d < 5. Berapa nilai paling besar yang mungkin untuk a?

Soal 7

Gwen memiliki 4 orang anak, salah satunya berusia belasan tahun ( 13 – 19 tahun) dan hasil kali dari umur-umur mereka adalah 1848. Berapa umur anaknya yang berusia belasan tahun?

Soal 8

Barisan aritmetika adalah sederet bilangan yang selisih antara dua suku yang berurutan selalu tetap. Contoh : 3, 5, 7 adalah barisan aritmetika 3 bilangan, dengan selisih 2. Juga 3, 5, 7 adalah bilangan prima. Jumlahnya adalah 3 + 5 + 7 = 15,  yang merupakan jumlah paling kecil yang mungkin dari sebuah barisan bilangan prima berbentuk barisan aritmetika 3 bilangan.

Tentukan sebuah barisan aritmetika 4 bilangan, yang semuanya bilangan prima, yang jumlahnya adalah yang paling kecil dari semua barisan bilangan prima 4 bilangan yang membentuk barisan aritmetika. Berapa jumlah keempat bilangan tersebut?

Soal 9

Gambar berikut menunjukan sebuah papan yang dipasangi paku dengan grid 1 cm, Janet ingin meletakan gelang karet pada paku-paku tersebut sehingga membentuk sebuah persegi. Dua diantara hasil buatanya ditunjukan pada gambar berikut.

Berapa total luas, dalam cm2, dari semua persegi yang dapat ia buat?

Soal 10

Untuk soal ini anda harus menunjukan pekerjaan pada semua bagian.  Dua ekor siput, Alfa dan Romeo pada saat yang bersamaan memulai perjalanan dari X ke Y. Alfa melintas dengan kecepatan tetap 12 meter/jam hingga mencapai Y. Romeo memulai dengan kecepatan 8 meter/jam tetapi setelah 2 jam dia merasa tertinggal sehingga dia menambah dengan menumpang Kura-kura yang bernama Toyota, yang berjalan dengan kecepatan tetap 20 meter/jam hingga mencapai Y.  Toyota dan Romeo berhasil mengejar Alfa dan 2 jam kemudian mereka mencapai finish.

(a)  Berapa jam setelah meninggalkan X berhasil mengejar Alfa?

(b)  Berapa jam setelah star dari X Romeo berhasil mencapai Y

(c)   Berapa meter jarak dari X ke Y?

 

Soal-soal di atas adalah soal tes individual dalam kontes Western Astralian Junior Mathematic Olympiad 2007. Dalam kontes tersebut disamping ada soal tes individu (individual Test), juga ada soal Team Contest. Jika anda juga ingin mendapatkan soal tersebut anda bisa melihatnya [DISINI]

Soal-soal tersebut adalah versi terjemahan saya, lebih dan kurangnya harap dimaklumi. SEMOGA BERMANFAAT.

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Januari 12, 2011, in Matematika and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. 1. 14 ?? / 04 ?? (tapi 04 termasuk 2 angka ga ??)
    2. 35 ?? {P = 4 dan 6, L = 1,5 dan 2 ??}
    3. 165 ?? [kata-katanya ada yang ga ngerti]
    4. ._. (ga tau gambarnya kaya gimana)
    {tapi berasaan ga ada yang beda deh, 2×4
    = 9 + 16 + 9 + 8 ??}
    10. [2 jam setelah naik Toyota ?? / 2 jam setelah menyusul Alfa ??]
    a. 3 jam ??
    b. 4 jam ?? {kalau 2 jam setelah naik Toyota} /
    5 jam ?? {kalau2 jam setelah menyusul Alfa}
    c. 56 m ?? {kalau 2 jam setelah naik Toyota} /
    76 m ?? {kalau2 jam setelah menyusul Alfa}

    ada bener ga ?? .___. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: