FSGI : Organisasi Guru yang Terbaru

JAKARTA, KOMPAS.com – Guru-guru Indonesia yang merindukan terwujudnya pendidikan berkualitas dan berkeadilan menyatukan diri dalam suatu organisasi guru baru yang dinamakan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Wadah yang terbuka untuk semua guru Indonesia itu diharapkan mampu memperjuangkan posisi tawar organisasi guru di negeri ini yang diperhitungkan pemerintah dalam mengambil kebijakan pendidikan di Tanah Air.

Deklarasi pembentukan FSGI dilakukan di kantor ICW di Jakarta pada Minggu (23/1/2011). Para guru berasal dari berbagai daerah seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, hingga Sulawesi.

Retno Lisyarti, salah satu deklarator, mengatakan pendidikan mesti dilihat sebagai investasi untuk masa depan bangsa. Untuk itu, pendidikan mesti menjadi bagian yang tidak bisa dilupakan dalam pembangunan bangsa.

Retno menambahkan pendidikan berkualitas dan berkeadilan itu di dalamnya juga menuntut adanya guru-guru yang sejahtera dan berkualitas. “Tetapi bukan seperti kebijakan sertifikasi guru. Sebab, sertifikasi itu tidak ada kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Peningkatan kapasitas guru lebih dari sekedar sertifikasi,” tegas Retno.

Dalam manifesto pendidikan yang diusung FSGI, pendidikan diyakini sebagai hak warga negara yang mesti dipenuhi pemerintah. Karena itu, pendidikan berkualitas mesti diterima semua warga negara, tanpa membeda-bedakan siswa berdasarkan tingkat kecerdasan, kekhususan, maupun kategori kaya-miskin.

Retno mengeaskan organisasi guru baru ini ingin mengajak ornag tua murid dan masyarakat untuk emmahami hak-hak mereka dalam pendidikan. “Bersama semua elemen, termasuk orang tua murid, kita memperjuangkan pendidikan berkualitas dan berkeadilan untuk semua orang di negeri ini,” kata Retno

 

Iklan

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Januari 24, 2011, in Lain-lain and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. lihat-lihat dulu, ada kaitannya dengan gayus apa nggak

  2. kok barengan sama pecahnya LSI dan LPI ya Pak Guru?
    Pak Guru milih yang mana nih?

  3. Asal ga pakai demo yang berlebihan dan ditonton ama muridnya ya pak….

  4. Brtambah lagi organisasi Guru. Smoga saja tak ada kepentingan diblakangnya. Walau berbeda organisasi mari bersama majukan pendidikan Indonesia.

  5. Assalaamu’alaikum Pa Muhammad…

    Tahniah untuk organisasi baru keguruan di Indonesia. Kalau di Malaysia, memang sangat banyak kesatuan @ organisasi guru. Setiap 15 buah negeri semua ada persatuan guru negeri. Di peringkat kebangsaan juga ada beberapa buah oerganisasi guru yang memberi pilihan kepada guru untuk memilih kesatuan yang mereka kehendaki.

    Namun demikian, semuanya akan bergabung tenaga membentuk kesatuan membela guru seluruh negeri di Malaysia. Kesatuan guru banyak memberi impak dalam membela nasib guru dan banyak perubahan berlaku dalam kebajikan guru di Malaysia antaranya kenaikan gaji guru yang lumayan besarnya sejak 3 tahun yang lalu di mana gaji guru permulaan bertaraf ijazah hampir mencecah RM2000.00.

    Ditambah dengan elaun pedalaman di mana pedalaman 1 (RM500), pedalaman 2 (RM1000) dan pedalaman 3 sebanyak RM1500 sebulan. Hal ini menjadi gaji guru di Malaysia meningkat. Semua ini hasil gabungan permintaan dari semua persatuan guru seMalaysia.

    Semoga dengan bertambahnya organisasi guru akan memantapkan suara guru dan kebajikan terjaga dengan baik. Selamat untuk semua guru di Indonesia.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  6. saya masih harus banyak mendengar dan membaca mengenai organisasi guru.. maklum pak masih hijau nih..

  7. Wah PGRI jadi punya tandingan nih

  8. Selamat ats lahirnya FSGI, sy ingn bntuk di daerah sy..gmn???

  9. saya dari Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Teman2 Guru di Lahat sangat antusias lahirnya FSGI, krn banyak permasalahan Guru di daerah saya tidak dapat diselesaikan bahkan tidak direspon oleh PGRI. Oleh sebab itu maka saya mewakili teman2 tersebut ingin membentuk FSGI di Lahat. Maka kami minta informasi bagaimana cara bergabung dan membentuk FSGI di Lahat. Atas infonya saya ucapkan terimakasih…

  10. Alhamdullilah gaji kita sudah meningkat tajam berbanding tahun2 sebelumnya,bahkan gaji kita di Indonesia ini sudah melebihi gaji rekan2 kita di Malaysia..Menurut Siti Fatimah ahmad guru bersertifikasi di Malaysia rata2 RM2000(5 Juta Rupiah) sudah beserta Tunjangan2/elaun di malaysia..

    Alhamdullilah aku guru di Jakarta sudah bisa dapat lebih dari 10 Juta Rupiah(RM4000) sebulan,10 Juta Rupiah itu terdiri dari 3 Juta Rupiah gaji pokok dan yang lainnya adalah tunjangan,aku guru S1 dengan pangkat biasa saja yaitu III C..Dapat charge tambahan dari Pemda DKI Jakarta yang luamayan besar..
    Dengar2 tahun depan Gaji Pokok guru S1 seperti saya akan naik jadi 5 Juta.

    Aku dengar2 ada kabar baru :
    TAHUN 2012 INSYALLAH AKAN DIREALISASIKAN REMUNERASI BAGI GAJI POKOK GURU:
    a. S3 =±Rp.7.000.000,-
    b. S2 =±Rp.6.000.000,-
    c. S1 =±Rp.5.000.000,-
    d. D3 =±Rp.4.000.000,-
    e. D2 =±Rp.3.000.000,-
    f. D1 =±Rp.2.000.000,-

  11. andi nurbudiman

    gimana caranya kalau mau bentuk di daerah? harus kordinasi ama siapa ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • Iklan
    %d blogger menyukai ini: