MESIR KIAN MEMBARA

Hari ini, kondisi aksi unjuk rasa yang menuntut mundurnya Presiden Husni Mubarak semakin membara, hal ini terjadi karena adanya kelompok Pro-Pemerintah yang memberikan perlawanan terhadap kelompok Anti-Pemerintah. Pertempuran antara kedua kelompok semakin brutal, karena aparat keamanan cenderung membiarkan pertempuran tersebut terjadi.

Berikut adalah beberapa kutipan ‘ONDEADLINE” tentang peristiwa penting yang terjadi hari ini di kairo.

Update jam 17:57 , waktu mesir (ET) : Seorang pejabat melaporkan bahwa tiga orang telah meninggal akibat bentrokan hari ini di Kairo.

Update jam 15:07 ET: Laporan BBC bahwa salah satu yang dilaporkan meninggal adalah anggota pasukan keamanan Mesir. Tidak ada rincian tentang apakah petugas memakai baju seragam atau tidak, dia terlibat dalam usaha untuk meleraikan dua kubu demonstran.

Update jam 13:38 ET: menteri kesehatan Mesir mengatakan satu orang tewas dan hampir 600 cedera dalam bentrokan antara pasukan pro-pemerintah dan anti-pemerintah.

Update jam 13:32 ET:televisi pemerintah Mesir memperingatkan pengunjuk rasa untuk  segera meninggalkan alun-alun pusat di Kairo karena demonstran anti-pemerintah telah berlangsung selama beberapa hari, laporan CNN.

Update jam 13:20 ET: Juru bicara Gedung Putih Presiden Robert Gibbs mengatakan Obama melakukan pembicaraan “langsung, jujur dan jujur” dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak. Gibbs mengatakan inti yang sampaikan Obama adalah bahwa “waktu untuk perubahan telah datang.” Gibbs mengatakan Obama dan pemerintahnya sangat mengutuk “kekerasan yang keterlaluan dan menyedihkan.”

Update jam 1:12 pm ET: televisi pemerintah Mesir mengatakan pihak berwenang mulai membersihkan Tahrir Square, yang telah porak-poranda oleh unjuk rasa anti-pemerintah yang  telah berlangsung selama beberapa hari untuk menuntut penyingkiran Presiden Mesir Hosni Mubarak.

TV  Al-Jazeera melaporkan: Alun-alun di pusat Kairo menjadi titik pusat bentrokan hari ini antara pasukan pro-pemerintah yang mencoba menghadang aksi demonstran. Bentrokan antara pasukan pro-dan anti-Mubarak menyebabkan ratusan orang terluka, karena kedua belah pihak saling melemparkan batu dan potongan beton satu sama lain.

Pihak pro-pemerintah berkumpul di atas bangunan dan melemparkan semacam “kembang api” ke arah demonstran, laporan AP.

Update jam 12:40 pm ET: USA TODAY Jim Michaels dan Theodore Mei di Kairo melaporkan bahwa puluhan demonstran – mungkin ratusan – telah terluka dalam perkelahian tersebut. Banyak berlari melalui jalan-jalan dengan darah mengalir di wajah mereka. demonstran oposisi mengalahkan para demonstran pro-Mubarak karena mereka diseret, dilukai oleh orang.

AP mengatakan garis pertempuran terbentuk di samping Museum Mesir  yang terkenal di samping Tahrir Square. Perusuh pro-pemerintah berkumpul di atas atap bangunan dan melemparkan batu dan ‘kembang api’ ke arah bawah di mana para demonstran berkumpul.

Di jalanan, kedua belah pihak berjongkok di belakang truk ditinggalkan dan melemparkan bongkahan beton dan botol satu sama lain. Di antara lebih dari 3.000 pendukung pemerintah, beberapa melambaikan parang.

Update jam 11:30 ET: The Associated Press melaporkan bahwa bentrokan berawal ketika sekitar 3.000 pendukung Mubarak menerobos rantai manusia pengunjuk rasa berusaha mempertahankan ribuan berkumpul di Tahrir Square.

Dari sana, bentrokan meningkat menjadi pertempuran jalanan ratusan outright sebagaimana dituangkan dalam untuk bergabung dengan setiap sisi. Mereka merobek-robek trotoar dan situs konstruksi di dekatnya dan mulai melemparkan batu, bongkahan beton dan tongkat satu sama lain.
Sebuah kontingen kecil pasukan pro-Mubarak yang menunggangi kuda dan unta menyusup  ke dalam kerumunan kelompok anti-Mubarak, menginjak-injak beberapa diantaranya dan mencambuk dan menggunakan tongkat untuk memukul orang. Demonstran membalas, menyeret beberapa dari mereka, melemparkan mereka ke tanah dan memukul wajah mereka hingga berdarah.

Update jam 11:12 ET: Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat “menyesalkan dan mengutuk” kekerasan di Mesir dan mengulangi seruan untuk menahan diri.

Update jam 10:42 ET: Sedikitnya 100 orang telah cedera dalam bentrokan di Kairo pusat antara kelompok pro dan anti-Mubarak , laporan Al Jazeera.

Yang terburuk dari pertempuran yang berlangsung tepat di luar Museum Mesir yang terkenal itu, menurut laporan Al-Jazeera adalah karena tentara  membiarkan pro-Mubarak pendukung melalui barikade di sekitar Tahrir Square.

Update jam 10:35 ET: Pemimpin oposisi Mohadem ElBaradei menyerukan bahwa janji Presiden Hosni Mubarak untuk mundur setelah pemilihan September adalah “tindakan penipuan” yang tidak akan memenuhi tuntutan pengunjuk rasa.

“Tidak ada yang puas dengan itu, tidak ada orang yang siap untuk naif, tidak ada yang mau ditipu,” kata ElBaradei kepada sekelompok kecil wartawan dalam sebuah wawancara, The Wall Street Journal melaporkan. “Ini adalah tindakan penipuan kepada saya.”

Para pemenang Nobel mengatakan bahwa pengunjuk rasa akan mengakhiri demonstrasi mereka hanya setelah Mubarak memenuhi tuntutan mereka untuk meninggalkan negara itu.

Update pukul 10:31 am ET: Wartawan BBC Ian Pannell meringkas bentrokan hari ini: “Ada banyak kemarahan di jalanan saat ini, banyak argumen, banyak perkelahian. Dan siapa yang tahu kapan ini akan berakhir.”

Update jam 09:53 ET: CNN melaporkan “duel” antara kekuatan anti dan pro Mubarak berlangsung di depan museum antik di Kairo. Anderson Cooper melaporkan bahwa pasukan pro-pemerintah telah melemparkan empat atau lima bom bakar ke kerumunan kelompok anti-Mubarak. Cooper mengatakan bom bakar tersebut menyebabkan setidaknya satu kendaraan militer terbakar sebentar.

 

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Februari 3, 2011, in Lain-lain and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Smoga ini cepat berakhir, kasian teman2 ga bisa kuliah lagi utk smentara pdhl udah hmpir kelar,😦

  2. sungguh sy miris dg semua ini pak. segera damai kembali ya Allah

  3. Bener-bener saya gemes sama ini,, semoga berkah perjuangannya..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: