Listrik Padam!!!

Yah… harus diakui bahwa kalimat pendek itu merupakan salah satu hal yang paling menjengkelkan bagi kita yang hidup di era super modern sekarang ini. Bagaimana tidak, hampir semua peralatan kita memerlukan jasa baik dari ‘listrik-sang penerang dunia’. Tidak ada satu bagian kamar rumah pun yang tidak bergantung pada jasa listrik, mulai dari kamar tamu di depan, hingga WC di bagian belakang. Singkatnya listrik menjadi salah satu bagian terpenting dari hidup kita.

Dapatlah dibayangkan apa yang terjadi jika listrik padam seharian penuh, tentu saja amat menjengkelkan, namun itulah yang saya alami kemarin. Saya mau mandi, mesin sanyo tidak bisa dihidupkan. Saya mau menghidupkan kran air PDAM, ternyata juga mati. Saya mau menghidupkan komputer untuk melepas kejengkelan tersebut, juga tidak mungkin. Saya mau menghidupkan TV, juga tidak bisa. Begitu banyak ketergantungan saya pada alat yang namanya listrik tersebut.

Saya kemudian teringat satu nama ‘Thomas Alva Edison’, yang menurut pelajaran sekolah dulu merupakan sosok yang sangat berjasa sebagai ‘penemu listrik’. Saya pun dengan menggumam, mengaguminya sebagai ‘sang pencerah dunia’. Saya merasa sangat berhutang budi padanya, betapa tidak, hampir tidak ada bagian dari hidup saya yang tidak menggunakan jasanya. Sampai-sampai ketika saya BAB pun, saya masih terpukau oleh jasa baik ‘sang pencerah dunia’ tersebut.

Masih terbayang dalam benak saya bagaimana kehidupan saya sewaktu kanak-kanak dulu, sekitar tahun 70-an. Kala itu di desa saya tidak yang namanya listrik. Penerang kehidupan hanya lampu tempel sederhana, yang tingkat peneranganya jauh langit dan bumi, jika dibandingkan dengan listrik. Tetapi kehidupan yang serba alamiah saat itu ternyata bisa berjalan sebagaimana biasa, tidak ada yang menggerutu karena kegelapan, tidak ada perasaan jengkel karena tidak bisa mengambil air untuk mandi, tidak pernah ada halangan untuk memasak nasi. Alam telah menyediakan semuanya, kita tinggal mengeluarkan sedikit tenaga untuk memperolehnya.

Mengapa kini saya harus merasa jengkel dengan kejadian ‘listrik padam’. Bukankah saya, semasa kecil telah terbiasa untuk mandiri, menimba air sendiri, belajar dalam kegelapan lampu tempel, mengumpulkan ranting-ranting kayu untuk memasak nasi, tidak merasa terasing karena tidak menonton TV dan buka internet. Saya pun menggumam dalam hati ‘ini gara-gara Thomas Alva Edison’, saya pun sempat menamainya ‘sang perusak karakter’.

Akhirnya, saya menyadari bahwa saya adalah seorang anak manusia dengan sederet keterbatasan. Thomas Alva Edison adalah Sang Pencerah Dunia, dan saya adalah seseorang yang sangat ‘tidak beradab’ tatkala menggumam ‘ini gara-gara Thomas Alva Edison’.

Listrik telah mempermudah segala urusan kita. Saya yang berada di pelosok negeri ini, bisa mengenal anda semua. Pak Teguh, Pak Mars, Pak Astra, Pak Mursyid, Pak Akhmad Sudrajat, Pak Wandi, Mbak Tiyha, Ibu Hesty, Mbak Tetik, Mas Fachri, Mas Chairul, dan sederet nama lain adalah guru dan sahabat saya yang semuanya saya kenal lewat jasa baik ‘listrik’.

Sebagai salah satu konsumen, saya sangat berharap kiranya PLN bisa terus berbenah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada kami sebagai konsumen. Sehari penuh, adalah waktu yang sangat lama untuk suatu pemadaman listrik di era super modern sekarang ini. Sekian detik, adalah ukuran yang berlaku umum dewasa ini. Selamat berjuang PLN!, teruslah berusaha untuk memberikan pelayanan prima pada konsumen anda.

 

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Februari 11, 2011, in Lain-lain and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. tempat saya juga sering pemadaman aliran listrik pak, sedih sekali
    oh ya pak, kalau boleh usul, pas nama-nama sahabat dalam postingan lebih bagus dibuat link/anchor text, supaya pembaca bisa klik langsung

  2. Betul sekalil Pak, apalagi kalau padam dan hujan lagi,…..

  3. Yang repot adalah rumah sakit dan perusahaan yang berproduksi. Meski ada solusi yang bisa diterapkan untuk menganti energi sumber listrik dari sumber energi alternatif tapi kok ya belum terlaksana ya…

  4. har ini tadi baru saja listrik di tempatku padam… sampe sore….

Tinggalkan Balasan

  • Back Link

