Genosida (Pembunuhan Massal) Sepanjang Sejarah Dunia

Genosida adalah pembunuhan kelompok massa secara sengaja, biasanya melibatkan warga sipil, perempuan, anak-anak dan orang tak bersalah atas dasar ras, agama, etnis atau status sosial ekonomi.

1. Genosida Terhadap Masyarakat Kongo
Pemerintahan kolonial Raja Leopold II dari Belgia adalah salah satu penguasa yang menerapkan sistim kerja paksa, pembunuhan massal dan penyiksaan. Perkiraan jumlah korban sekitar 30 juta, mulai dari 1885 hingga abad ke-20. Populasi Kongo menurun dari sekitar 30 juta hingga di bawah 9 juta selama waktu dari kekejaman tersebut. 

2. Bom atom Hiroshima dan Nagasaki
Selama Perang Dunia II, Amerika Serikat, menjatuhkan bom atom yang dilakukan terhadap Hiroshima dan Nagasaki. Selama 2-4 bulan pertama, pengeboman itu menyebabkan tewasnya 90000-166000 orang di Hiroshima dan 60000-80000 orang di Nagasaki. Selama bulan-bulan berikut ada sejumlah besar orang yang meninggal akibat luka bakar, sakit radiasi dan cedera lainnya.umumnya mereka meninggal karena Leukemia dan Kanker.

3. Holocaust Nazi
Sekitar enam juta orang Yahudi Eropa, etnis Polandia, Romani, tawanan perang dan warga sipil Soviet tewas selama Perang Dunia II di bawah program pemusnahan negara disponsori oleh Nazi Jerman. Hitler mendirikan kamp-kamp konsentrasi di tempat-tempat seperti Auschwitz, Treblinka dan Sobibor di mana perempuan, anak-anak dan orang tua serta narapidana lain diperlakukan sebagai tenaga kerja budak, sampai mereka meninggal karena kelelahan dan penyakit. kekejaman tersebut diperkirakan telah mengakibatkan meninggalnya 11000000-17000000 orang.

4. Kelaparan Ukraina
Dikenal sebagai “Holodomor” (pembunuhan karena kelaparan), adalah peristiwa kelaparan di RSK Ukraina selama1932-33. Selama itu  jutaan orang mati kelaparan sebagai akibat dari kebijakan ekonomi dan perdagangan Joseph Stalin. Peristiwa Itu adalah bencana damai terbesar dalam sejarah Ukraina. Perkiraan jumlah korban berkisar 2600000-10000000 orang.

5. Kelaparan Bengal 1943
3 juta orang meninggal akibat kelaparan dan kekurangan gizi akibat kelaparan yang disebabkan ulah kekejaman manusia. Tentara Inggris menyimpan semua bahan makanan dalam upaya mengantisipasi invasi Jepang dan makanan diekspor ke pasukan sekutu di tengah-timur dan Eropa sementara orang-orang setempat mati kelaparan.

6. Genosida Armenia (April 24,1915)
Ini adalah pemusnahan secara sengaja dan sistematis terhadap penduduk Armenia selamaKekaisaran Ottoman dan setelah Perang Dunia I. Orang-orang Armenia dipaksa untuk berjalan ratusan mil tanpa makanan dan air melalui Gurun Suriah. 1.000.000-1.500.000 meninggal karena kelaparan, sakit dan penyakit.

7. Rwanda genosida (1994)
Iperistiwa tersebut adalah pembunuhan massal ratusan ribu Rwanda Tutsi dan moderat Hutu oleh politik  pemerintah Hutu yang menajdi penguasa. Hanya dalam waktu 100 hari, setidaknya 500.000 -1.000.000, atau sebanyak 20% dari total penduduk tewas. Ini adalah salah satu sejarah pembunuhan yang paling intens, kemungkinan yang terburuk dalam sejarah manusia.

8. Leningrad, Uni Soviet (pengepungan kota: 8 September 1941-27 Januari 1944)
Sekitar 641.000 warga sipil Soviet meninggal dalam pengepungan. Hal ini juga dikenal sebagai Blokade Leningrad dan sebuah operasi panjang oleh kekuatan Axis untuk menangkap Leningrad. Pengepungan dan evakuasi selanjutnya menghilangkan nyawa sekitar 1 juta orang.

9. Nanjing, Cina (1937-’38)
pembantaian Nanjing atau Rape of Nanking seperti yang sepertinya tidak terlalu terkenal, tetapi mengerikan . Dalam periode enam minggu, setelah Jepang mencaplok kota Nanjing. Selama periode ini, ribuan warga sipil termasuk perempuan dan anak-anak dibunuh oleh prajurit Tentara Kekaisaran Jepang.

10. Manila, Filipina: (1944-’45)
100.000 warga sipil dibantai oleh pasukan Jepang yang mengumbar amarah dan frustrasi pada warga sipil akibat penjarahan oleh warga setempat. Mereka dibakar dan dipenggal kepalanya, dieksekusi dengan brutal, laki-laki dan perempuan maupun anak-anak menjadi korban kekejaman tersebut, termasuk imam. Pembantaian Manila adalah salah satu kejahatan perang terbesar yang dilakukan oleh Tentara Kekaisaran Jepang.

Sumber : Top10List/education

 

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Februari 18, 2011, in Lain-lain and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: