Microsoft Education Dukung Pendidikan Menuju Era Sekolah Digital

Jakarta, CHIP.co.id – Microsoft Indonesia menghadirkan Microsoft Education yang menggabungkan peran, fungsi, dan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan. Acara ini mengambil tempat di Restoran Birdcage, Jakarta (10/2).

Saat ini terdapat sekitar 165.000 sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dan terdapat 4.500 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Total jumlah siswa di seluruh Indonesia mencapai 45 juta orang. Secara global di tahun 2015,

Dengan jumlah perkiraan global pada tahun 2015, angka siswa yang duduk di tingkat perguruan tinggi diperkirakan mencapai 250 juta orang, maka Microsoft Indonesia melihat bahwa siswa Indonesia merupakan potensi besar yang harus diasah sejak dini, termasuk dengan dukungan penyediaan teknologi. Microsoft memiliki visi untuk mewujudkan masyarakat yang inovatif dan berbasis ilmu pengetahuan, dengan demikian Microsoft bertekad untuk menjadi mitra ekosistem yang terus bertumbuh untuk mendukung pencapaian visi tersebut.

CHIP Online - Microsoft Education Dukung Pendidikan Menuju Era Sekolah Digital

Siti Prameswari Wulandari selaku Education Industry Marketing Manager, Public Sector, Microsoft Indonesia menjelaskan mengenai kehadiran Microsoft Education yang mendukung pendidikan Indonesia yang akan memasuki era sekolah digital di masa mendatang. Program DreamSpark yang menyediakan perangkat lunak pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar; pendirian Microsoft Innovation Center di lingkungan kampus; program kompetisi Imagine Cup individu berbakat; program BizSpark yang membuka pengetahuan serta memberi kesempatan bagi mahasiswa meraih cita-citanya berwiraswasta dan program WebsiteSpark. Sedangkan Program Live@Edu hadir untuk mendukung proses komunikasi dan kolaborasi serta kegiatan pembinaan dan pengembangan sumberdaya pengajar profesional melalui program Partners in Learning (PIL). Seluruhnya sebagai salah satu bentuk komitmen bagi perkembangan pendidikan nasional.

Microsoft Live@Edu adalah sebuah paket perangkat online yang diberikan pada institusi pendidikan untuk memberdayakan pendidik dan siswa untuk melakukan yang terbaik dalam berinteraksi, berkolaborasi dan belajar. Solusi ini juga membantu menciptakan, menyimpan, mengubah, menyebarluaskan dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya.

CHIP Online - Microsoft Education Dukung Pendidikan Menuju Era Sekolah Digital

Ananta Gondomono selaku Education Program Manager, Public Sector, Microsoft Indonesia memaparkan tentang kegunaan Microsoft Education dari sisi pendidik atau pengajar. Ananta melihat bahwa para siswa sudah sangat fasih dalam menggunakan Teknologi Informasi dalam berbagai aktivitas keseharian, namun antusias siswa tersebut akan menjadi tidak sepadan jika tidak didukung oleh para pengajar yang memanfaatkan Teknologi Informasi tersebut.

CHIP Online - Microsoft Education Dukung Pendidikan Menuju Era Sekolah Digital

Untuk itulah para pengajar pun perlu dibekali dengan berbagai pelatihan digital di berbagai daerah seluruh Indonesia. Selain pengajar, edukasi juga diberikan kepada pemimpin sekolah untuk menjadi satu kesatuan, sehingga kolaborasi keduanya dapat menghasilkan penggunaan teknologi yang maksimal untuk proses belajar-mengajar.

Ananta juga menambahkan, bahwa pada bulan Maret mendatang, Microsoft akan hadir di 20 sekolah di Yogyakarta yang akan membuat portal antar sekolah, yang nantinya dapat dioperasikan dan dicontoh oleh sekolah-sekolah lain. Selain itu, pada bulan mendatang, Microsoft akan menghadirkan 7 pengajar ke Puket, Thailand untuk diperlombakan sebagai pengajar paling inovatif di acara Inovatif Teacher Competition lingkup Asia Pasific.

CHIP Online - Microsoft Education Dukung Pendidikan Menuju Era Sekolah Digital

Pada akhir acara, hadir Ferro Ferizka selaku Live@edu Integration Specialist, Microsoft Indonesia yang menjelaskan seputar penggunaan Microsoft Live@edu yang dapat digunakan dengan mudah. Kustomisasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti pembuatan user; pembuatan alamat email; pembuatan dan pengeditan dokumen yang dikerjakan secara bersamaan; pengaturan jadwal guru dan siswa; pertukaran data antar guru, siswa dan orang tua murid; dan masih banyak lagi pemanfaatan dalam lingkup pendidikan.

 

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Maret 21, 2011, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: