Rumus Aman Nonton TV

Ternyata, bukan hanya matematika yang punya rumus, menonton televisi juga harus ada rumus yang benar, khususnya demi kesehatan mata anak

  • Jarak menonton televisi yang ideal: lima kali diagonal layar televisi. Misal, diagonal televisi 21 inci jaraknya 5 x 21 inci yaitu 105 inci atau 2,56 meter. Jadi, semakin besar ukuran diagonal layar televisi, maka jarak pandang terdekatnya bertambah jauh. Jarak pandang ini membuat mata menjadi relaks, lensa mata tidak perlu bekerja keras menangkap gambar. Bila lensa mata terus menerus bekerja keras, lensa mata menjadi cembung sehingga dikemudian hari butuh kacamata.
  • Buat mata anak untuk sering berkedip agar tidak terjadi dry eye (mata kering). Ketika mata mengedip, kelenjar yang ebrada di kelopak mata akan memroduksi air mata yang penting untuk melindungi mata.
  • Pasang lampu ruangan yang terang, minimal sama terangnya dengan cahaya yang keluar dari televisi. Jangan buat ruangan menjadi redup karena pupil bayi akan memaksa untuk membesar, akitbatnya menjadi cembung dan kelak butuh kacamata.
  • Tidak sambil tiduran. Posisi tubuh miring memengaruhi posisi mata yang tidak fokus ke arah televisi, sehingga akan mengalami kerusakan mata pada jangka panjang.

 

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Maret 25, 2011, in Tips & Trik and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: