Menanti Kehadiran Mata Pelajaran Pendidikan Anti Korupsi

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membuat kata sepakat untuk memasukkan pendidikan anti korupsi di semua sekolah jenjang TK hingga perguruan tinggi pada kurikulm 2011.

Pendidikan Anti Korupsi ini nantinya bukan hanya sebagai mata pelajaran yang mengenalkan definisi dan modus-modus korupsi, tapi juga menekankan pada terbentuknya nilai-nilai kejujuran, integritas dan karakter baik pada diri siswa.

Setidaknya hal itulah yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh dan diamini pula oleh Wakil Ketua KPK, Haryono Umar seusai melakukan pertemuan di tahun 2010 lalu. Kedua instansi ini akan bekerja sama guna menyiapkan bentuk-bentuk terbaik dalam menyukseskan pendidikan anti korupsi.

“Sebenarnya pendidikan antikorupsi ini sudah dilakukan selama setahun di 50 institusi pendidikan yang tersebar di 50 propinsi dengan bentuk warung kejujuran, kita ingin menghilangkan kosakata korupsi dari ingatan siswa,” jelas Haryo.

Kementerian Pendidikan Nasional juga mesti bekerja keras untuk menjadi percontohan institusi pemerintah yang bebas korupsi. Ini sebagai upaya memunculkan contoh-contoh bebas korupsi mulai anak usia dini hingga unsur birokrasi. Nuh mengatakan, pendidikan antikorupsi ini akan menjadi fokus pendidikan karakter yang dicanangkan pemerintah.

Kehadiran mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi tersebut patut untuk ditunggu dan disambut gembira, semoga kehadirannya mampu memupus aksi korupsi para penyelenggara negara di masa datang. Amin.

 

Iklan

About labarasi

Guru Matematika

Posted on April 2, 2011, in Ilmu Pengetahuan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: