Soal Essay IMSO 2006 (Bagian I)

SOAL 1

a, b, dan c adalah bilangan-bilangan 1 angka. Jika

Tentukan a + b + c

SOAL 2

Panjang sebuah persegi panjang diperpanjang 25% dari panjang semua. Agar luar persegi panjang tetap, berapa % lebarnya harus dikurangi?

SOAL 3

Sebuah kertas berbentuk persegi ukuran 4 x 4, memiliki sebuah lubang di dalamnya yang berbentuk persegi pula dengan ukuran 1 x 1, seperti pada gambar berikut.

Berikan gambaran bagaimana cara kita memotong kertas tersebut, sehingga terbentuk 5 bagian yang kongruen?

SOAL 4

Total banyak pohon dalam hutan P dan Q dalah 560. Setelah 3/7 dari pohon-pohon yang ada di hutan P dan 100 pohon yang ada di hutan Q ditebang, maka perbandingan banyak pohon di hutan P dan Q menjadi 1 : 4. Berapa banyak pohon di hutan Q sebelum ditebang?

SOAL 5

Dalam sebuah kotak terdapat beberapa kelereng. 5/8 bagianya berwarna kuning. ¼ dari sisanya berwarna biru dan selebihnya berwarna merah. Selisih banyak kelereng kuning dan merah adalah 220. Berapa banyak kelereng dalam kotak tersebut?

SOAL 6

Adi dan Budi melakukan perjalanan dari kota X ke kota Y. Adi Berjalan dengan kecepatan 100 km/jam, sedangkan Budi 90 km/jam. Mereka memulai perjalan dalam waktu yang bersamaan dan Adi tiba 12 menit lebih dulu. Berapa jarak kota X dan Y?

SOAL 7

Sebuah minuman memuat 5% coklat murni. Jika 5 liter susu ditambahkan ke dalam minuman tersebut, tentukan prosentase coklat dalam campuran tersebut!

SOAL 8

Panjang bayangan sebuah bangunan adalah 33 meter. Sebuah tiang dengan tinggi 2 meter berdiri tegak antara bangunan dan ujung bayangan dari bangunan tersebut. Jarak tiang dengan bangunan 3 meter. Seluruh banyangan tiang tertutupi oleh bayangan bangunan. Berapa tinggi bangunan serendah-rendahnya?

SOAL 9

Ada lebih dari 30 orang siswa dalam sebuah kelas. Jumlah yang laki-laki lebih dari 4 tetapi kurang dari 12. Banyak yang perempuan lebiha dari 17 tetapi kurang dari 26. Berapa banyak kemungkinan banyak siswa laki-laki dan perempuan yang sesuai dengan pernyataan di atas?

SOAL 10

Tempatkan masing-masing dari bilangan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9 dalam kotak yang berbeda pada gambar berikut sehingga dua bilangan tidak boleh menempati kotak yang palin sedikit memiliki sudut/pojok bersama, jika :

  1. Kedua bilangan berurutan, atau
  2. Keduanya lebih besar dari 1 dan salah satu diantaranya merupakan kelipatan dari yang lain.

Iklan

About labarasi

Guru Matematika

Posted on April 11, 2011, in Matematika and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: