Prosedur bagi yang memilih jalur Portofolio Sertifikasi Guru 2011

Bagi guru yang memilih pola PF, mengikuti prosedur sebagai berikut.

  1. Peserta wajib mengikuti tes awal secara online. Tes awal online dikoordinasikan oleh KSG melalui website http://ksg.dikti.go.id yang hanya dapat dibuka di ICT Center Rayon LPTK penyelenggara sertifikasi guru.
  2. Peserta dinyatakan lulus tes awal apabila mencapai skor sama dengan atau lebih tinggi dari batas kelulusan yang ditetapkan oleh KSG.
  3. Peserta yang lulus tes awal mendapatkan printout bukti kelulusan dari ICT Center dan diwajibkan menyusun portofolio. Fotokopi bukti kelulusan tes awal dilampirkan dalam bendel portofolio. Peserta yang tidak lulus dalam tes awal secara otomatis menjadi peserta sertifikasi pola PLPG.
  4. Portofolio yang telah disusun diserahkan kepada Rayon LPTK melalui dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota untuk dinilai oleh asesor.
  • Apabila hasil penilaian portofolio peserta sertifikasi guru dapat mencapai passsing grade, dilakukan verifikasi terhadap portofolio yang disusun. Sebaliknya, jika hasil penilaian portofolio peserta sertifikasi guru tidak mencapai passsing grade, guru yang bersangkutan secara otomatis menjadi peserta pola PLPG.
  • 2) Apabila skor hasil penilaian portofolio mencapai passing grade, namun secara administrasi masih ada kekurangan maka peserta harus melengkapi kekurangan tersebut (melengkapi administrasi atau MA2) untuk selanjutnya dilakukan verifikasi terhadap portofolio yang disusun.
  • 3) Apabila hasil verifikasi mencapai batas kelulusan dan dinyatakan lulus, guru yang bersangkutan memperoleh sertifikat pendidik. Sebaliknya, apabila hasil verifikasi portofolio tidak mencapai passing grade, guru secara otomatis menjadi peserta sertifikasi pola PLPG.
  1. Peserta PLPG terdiri atas guru yang memilih (1) sertifikasi pola PLPG, (2) pola PF tetapi tidak lulus tes awal atau tidak mencapai passing grade penilaian portofolio atau tidak lulus verifikasi portofolio (TLVP), dan (3) PSPL tetapi berstatus tidak memenuhi persyaratan (TMP). Waktu  pelaksanaan PLPG ditentukan oleh Rayon LPTK sesuai ketentuan yang tertuang dalam Rambu-Rambu Penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (Buku 4).

 

SUMBER : Buku 3 – Panduan Penyusunan Portofolio Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2011

About labarasi

Guru Matematika

Posted on April 15, 2011, in Sertifikasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. program sertifikasi sekarang sangat lebih efisien.
    Agar para guru yang betul2 berprestasi dapat dihargai isi otak dan keprofesionalNya

  2. trims infonya kapan pelaksanaan tes on linenya?

  3. I Ketut Sugiyasa.S.Pd

    apa ada bocoran model tes on line untuk sertifikasi jalur fortofolio

  4. Selesai tes awal masih banyak yang harus dilakukan, dari pengumpulan dokumen fortopolio yang hanya diberi waktu max 5 hari, kemudian jika dinyatakan lulus harus ada verivikasi…dan selanjutnya…..dan selanjutnya….pilih mana? PLPG lansung aza kali?…hehe…

  5. Tes portofolio…bener2 deh u nunjukin kemampuan seseorang…… Guru dalam pendidikan.

  6. Yth: Kepala LPMP dan Ketua LPTK/Ketua PSG Rayon 133
    Sergu semoga Sukses dan TPP sergu kiranya semakin ditingkatkan demi sejahtera para pendidik. Kalo sudah Lulus Skor nilai Berkas Pf yg disusun guru ybs, Apakah Wajib/Harus tes online lagi ..? Mengingat Pf thn2 sebelum nya tidak ada tes online, mohon jawaban, thanks,
    juga…………. Bila guru S1 puluhan tahun bertugas sbg PNS dan sudah usia diatas 50 th serta Lulus Skor nilai Pf, Bukti fisik karya/prestasi guru dan Adm, penjilidan dll memakan biaya yg gede juga. Apakah juga harus tes online ??
    Tolonglah Bapak2 kami Hanya 9 org dari Sumut Sergu Pf Rayon 133 telah mengeluarkan kocek yg gede,kiranya dpt dipertimbangkan dan Lulus SG Pf.
    Atas perhatian bapak2 kami ucapkan wassalam terima kasih.

  7. bagaimana penjelasan portofolio untuk guru SMF ? prosedurnya apa aja?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: