Kiat Agar Tetap Prima

Hidup di zaman sekarang menuntut kita untuk bisa bekerja serba cepat. Semangat dan tubuh yang prima adalah kunci yang menjawab semua tantangan hidup tersebut.

Ketika pekerjaan dan kehidupan membebani kita dengan berbagai masalah yang datang secara bertubi-tubi, membuat tubuh dan pikiran kita kehilangan banyak energi. Mengkonsumsi berbagai suplemen dan vitamin bisa menjadi penolong untuk menggantikan asupan nutrisi kita yang kurang. Berikut 5 kebiasaan yang bisa menjaga performa tubuh agar tetap prima dan membuat kita semangat menghadapi segala tantangan yang ada.

Bangun pagi dengan teratur

Ketika stres datang, siklus tidur  kita akan mundur selama 12 menit setiap hari. Kalau stres selama satu bulan berarti kita memundurkan waktu tidur selama 6 jam. Dan ketika siklus tidur mundur, secara otomatis siklus bangun juga ikut mundur. “Jika dibiarkan terjadi, maka level energi akan bertambah drop,” jelas Mariana Figueiro, PhD, direktur program Renssealaer Polytechnic Institute’s Lighting Research Center. Dengan bangun pagi di jam yang sama setiap hari ternyata dapat mengusir rasa lesu sekaligus menjaga ritme hidup kita agar tetap teratur. Coba…bagun dan nikmati sarapan pagi di halaman terbuka bersama keluarga tercinta, sambil berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 30 menit.

Konsumsi protein lebih banyak

Dulu kita berpikir bahwa mengkonsumsi kabohidrat yang banyak akan memberikan tenaga yang lebih juga. Meski bisa menyediakan energi dalam waktu singkat tapi, pemberian asupan karbohidrat yang terlalu banyak pada tubuh dapat menyebabkan tubuh lemas dan ngantuk. Riset yang dilakukan oleh Donald K.Layman,PhD, professor bidang nutrisi University of Illinois, menyebutkan perempuan yang banyak mengkonsumsi protein tampil lebih energik dibanding perempuan yang banyak mengkonsumsi kabohidrat. Coba…batasi asupan kabohidrat kita tidak lebih dari 150 gr sehari. Sarapan : 40 gr oatmeal (25 gr karbohidrat) dan satu buah apel (20 gr karbohidrat). Makan siang: satu cangkir nasi merah (55 gr karbohidrat) dan ½ cangkir brokoli (5 gr karbohidrat). Makan malam: secangkir spaghetti bayam dan sedikit saus tomat (45 gr karbohidrat).

Ngopi di sore hari

Kafein dalam kopi bekerja dengan cara menghalangi efek adenosina, senyawa kimia di otak yang membuat kita semakin mengantuk. Serangan kantuk sering timbul pada waktu sore hari. “ Efek kopi yang diminum pagi tak akan bertahan sampai sore, “ jelas James K.Wyatt,PhD, direktur Sleep Disorder Service dan Research Center – Rush University Medical Center. Coba…Untuk “melek” sepanjang hari, kita bisa menyiasatinya dengan meminum kopi setengah cangkir di pagi hari dan setengahnya lagi pada sore hari saat kantuk datang menyerang.

Makan tepat waktu

Karena kebutuhan kalori mirip dengan ritmen harian kita, maka makan tepat waktu merupakan sesuatu yang esensial. Tubuh kita membutuhkan asupan makanan pada pukul 7 pagi dan 12 siang. “Jika kita tidak menghiraukannya, tubuh akan cepat lelah. Selain itu, rasa lapar yang tertunda akan mendorong kita makan lebih banyak di sesi berikutnya, “ ujar Layman. Coba…siapkan sarapan malam hari supaya besok kita tinggal memanaskannya saja tanpa takut terlambat ke kantor. Dan bawa makan siang dari rumah untuk mengantisipasi kalau pekerjaan menumpuk sehingga kita tetap bisa makan tepat waktu.

Waktu untuk bermeditasi

“Meski hanya 3 menit, meditasi dapat mengurangi produksi hormon stres yang menekan otot dan pembuluh darah. Meditasi juga meningkatkan hormon endrofin, yaitu hormon untuk pereda rasa sakit dan pembangkit semangat, “ jelas Judith Orloff, MD, psikiater dari UCLA, pengarang buku Positive Energy. Coba…Temukan tempat tenang dan bebas interupsi, seperti toilet kantor. Duduk dan pejamkan mata kita sejenak, sambil dengarkan alunan napas. Tarik dan hembuskan napas secara perlahan. Visualisasikan sesuatu atau seseorang yang membuat kita bahagia.

Sumber: (Rut Avianti-Astrid Anastasia/FJ/www.preventionindonesia.com)

About labarasi

Guru Matematika

Posted on April 17, 2011, in Tips & Trik and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. yang penting juga pak, jangan keseringan konsumsi makanan cepat saji…. enak, mengenyangkan tapi tidak sehat !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: