SOAL PEMBINAAN OLIMPIADE MATEMATIKA (2)

1. Di dalam persegi dengan sisi 14cm terdapat setengah lingkaran dan dua seperempat lingkaran seperti tampak pada gambar di samping. Tentukan perbandingan luas daerah yang tidak diarsir dengan luas daerah yang diarsir !

2. Jika jarak antar titik-titik adalah 1cm, tentukan luas daerah pada gambar berikut !

3. ABCD.EFGH pada gambar disamping adalah sebuah balok. Jika luas ABCD = 33cm2, luas ABFE = 24cm2, dan luas BCGF = 22cm2.

Tentukan volume balok ABCD.EFGH !

4. Suatu diagram lingkaran menunjukkan hasil produksi pertanian disuatu daerah. Perbandingan produksi beras dan jagung 3 : 2. Jika total produksi pertanian di daerah tersebut 4,2 ton maka berapa kwintalkah produksi beras di daerah tersebut ?

5. Tabel berikut adalah nilai matematika dari siswa kelas V di suatu Sekolah Dasar Negeri.

Nilai 4 5 6 7 8 9 10
Banyak Siswa 0 4 2 13 3 2 1

Berapa banyaknya siswa yang nilainya di bawah rata-rata?

6. Rata-rata dari lima belas bilangan adalah 13.4, sedangkan rata-rata dari delapan bilangan pertama adalah 12.5 dan rata-rata enam bilangan berikutnya adalah 15. Tentukan bilangan ke-15?

7. Hubungkan titik A(-4,-2), B(2,-4), C(4,1), dan D(-2,3). Berapa luas bangun yang terbentuk?

8. Perhatikan gambar berikut.

Rata-rata dari keliling persegi dan persegi panjang pada gambar di atas adalah 70cm. Tentukan panjang dari persegi panjang!

9. Pino hendak pergi ke arena sirkus. Dari rumahnya, ia pergi ke utara sejauh 3 m. Kemudian ia berbelok ke Timur dan bergerak sejauh 8,5 km. Terakhir, Pino berbelok menuju ke Selatan sejauh 9 km. Gambarkan peta perjalanan Pino menuju arena sirkus dengan skala 1 : 100.000.

10.Diberikan angka-angka 0, 1, 2, 4, 5, 6, 7 akan dibuat bilangan genap yang terdiri dari empat angka. Berapa banyak angka yang dapat dibuat jika

a. angka boleh diulang

b. angka tidak boleh diulang

11.Perhatikan gambar berikut.

Tentukan perbandingan luas segitiga AED dan luas segitiga BCE !

12. (Problem Individual Contest 5th Primary) Dua kerucut identik A dan B berisi air. Tinggi air pada A dan B adalah ½ dari tinggi kerucut. Jari-jari kerucut yang berisi air adalah ½ dari jari-jari pada alas kerucut. Tentukan perbandingan volume air pada kerucut A dengan air pada kerucut B. (Volume untuk kerucut adalah ⅓ πr2h, r : jari-jari kerucut, dan h : tinggi kerucut).

13.Tentukan seluruh daerah yang diarsir pada gambar berikut !

14. Suatu keluarga mempunyai 5 orang anak. Anak termuda berumur ½ dari umur anak tertua, sedang 3 anak lainnya berturut-turut berumur lebih tua 2 tahun dari yang termuda, lebih tua 4 tahun dari yang termuda dan kurang 3 tahun dari tertua. Bila rata-rata hitung umur mereka adalah 16 tahun maka tentukan umur anak tertua.

15. (Soal Uraian OSN 2006) Rata-rata dari 100 data adalah 200. Jika data pertama ditambah 1, data ke dua ditambah 2, data ke tiga ditambah 3, data keempat ditambah 4, dan seterusnya hingga data terakhir ditambah 100. Berapa rata-rata data yang baru?

16.Perhatikan gambar berikut !

Berapakah luas daerah yang diarsir ?

Sumber : soal pembinaan Kabupaten Situbondo

Iklan

About labarasi

Guru Matematika

Posted on April 17, 2011, in Matematika and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: