Tebu, Si Kaya Manfaat

Saccharum officinarum alias tebu. Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak pernah merasakan manisnya. Kerabat rumput itu dihargai begitu tinggi sampai-sampai etnis Jawa menjadikannya ornamen dalam seremoni pernikahan. Tebu bisa diartikan “antebing kalbu” alias niat bulat untuk menempuh pernikahan. Bisa juga diartikan sebagai pusaka pemberian orangtua kepada anaknya yang menikah. Itu lantaran kemiripan bentuk bunga tebu dengan pusaka Raden Arjuna dalam epos pewayangan.
Gonjang-ganjing bahan bakar fosil menjadikan tebu salah satu kandidat pengganti untuk menghasilkan bensin. Brasil bahkan menjadikan etanol asal tebu sebagai bahan bakar sejak lama, memutus ketergantungan negeri Samba itu terhadap BBM. Dari sanalah konflik food vs fuel bermula.
Berasal dari Asia-termasuk Indonesia-tebu menyebar ke seluruh dunia. Anak-anak jaman dulu mungkin punya kenangan menggigit dan menghisap manisnya batang tebu saat bermain-hal yang nyaris mustahil dilakukan anak-anak sekarang. Namun tebu pernah menorehkan tinta kelam dalam sejarah Indonesia, saat cultuurstelsel alias tanam paksa diterapkan oleh pemerintah kolonial.
Tebu mengandung senyawa octacosanol, sejenis alkohol rantai panjang yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Octacosanol juga menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh. Bahkan, ia memberikan perlindungan kuat terhadap oksidasi lipoprotein darah.
Menurut dr C.J. Soegiharjo, Apt dari Farmasi UGM, air perasan tebu memiliki efek antidiabetik. “Bila diminum ia mampu mengatasi diabetes,” paparnya. Air tebu mengandung sakaran, senyawa antidiabetik. Sayangnya, dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa itu hilang saat proses pemanasan. Yang bertahan justru sakarosa, senyawa pencetus diabetes.
Secara tradisional masyarakat memanfaatkan tebu sebagai antiracun, antiseptik, bakterisida, penguat jantung, antidiuretik, pengencer dahak, dan obat lambung. Bahkan ia juga dipakai untuk mengobati kanker paru-paru, tumor, dan menyembuhkan luka. Gula tebu juga digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Ampas tebu dipakai untuk menutup luka dan membebat patah tulang. Di India jus tebu menjadi obat tumor perut.

About labarasi

Guru Matematika

Posted on April 20, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. wow…ternyata banyak sekali manfaat tebu.
    terimakasih sharingnya..🙂

  2. sip.. artikelnya bermanfaat sekali buat bisnisku thank browh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: