Soal Kompetisi Matematika : AGMath Challenge – Challenge 5

  1. Satu kantong permen terdiri atas 19 permen berwarna merah dan 14 permen berwarna coklat. Jika anda memakan 1 buah permen berwarna merah, kemudian satu yang berwarna coklat, kemudian satu buah yang berwarna merah, dan seterusnya secara silih berganti satu buah permen merah dan permen coklat. Berapa banyak permen yang telah anda makan, jika jumlah permen coklat yang tersisa tepat 1/3 dari jumlah permen merah yang tersisa?
  2. Berapa banyak bilangan bulat n sehingga 5/n lebih besar dari 1/3 tetapi lebih kecil dari 2/3?
  3. Seekor burung menghabiskan makanan seberat dua kali lebih berat dari beratnya sendiri pada setiap harinya. Jika berat burung tersebut ½-ons, berapa berat makanan yang dihabiskannya dalam seminggu?
  4. Jika 1/(x+1) = 7 dan 1/(y-1) = 7,  Berapakah  1/(x+y)?
  5. Berapa banyak bilangan palindrome 4 – angka yang habis dibagi 99?
  6. 6 orang siswa saling berpegangan tangan dan membentuk lingkaran. Berapa banyak cara berbeda sehingga Pamela dan Corey tidak saling berpegangan tangan?
  7. Berapa banyak barisan aritmetika berbeda dari barisan bilangan bulat positif sehingga barisan tersebut memuat bilangan 101, 137, dan 209?
  8. Sebuah bola melingkupi sebuah kubus sehingga titik-titik sudut kubus menyinggung bagian dalam bola. Jika panjang rusuk kubus 6 cm,  berapakah luas permukaan bola? Nyatakan jawaban anda dalam π
  9. Donnie, Eddie, dan Freddie bermain dalam sebuah tim sepak bola. Selama beberapa pertandingan terakhir, mereka telah mencetak 21 gol bagi timnya, dan masing-masing mencetak lebih dari 1 gol dan tidak ada diantara mereka yang menciptakan gol sama banyak. Berapa banyak kemungkinan banyak gol yang masing-masing mereka cetak yang sesuai dengan kondisi tersebut?
  10. Mika dan Phillip memulai perjalanan pada saat yang sama dari sudut yang berlawanan dari sebuah persegi ABCD, yang bersisi 13 meter. Mika berjalan dari A ke B dan Philip berjalan dari C ke D, dalam kecepatan rata-rata yang sama. Berapa kali dalam perjalanan tersebut, sehingga jarak antar mereka merupakan bilangan bulat?

Kunci :

(1).  25  (2).  7  (3).  56  (4).  7/2  (5).  10  (6).  72  (7).    (8).  76 π (9).  162  (10).  11

About labarasi

Guru Matematika

Posted on April 27, 2011, in Matematika and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: