Cassini Potret Sumber Semburan Es Luar Angkasa

Dunia antariksa memang tidak habis-habisnya diselimuti misteri yang masih banyak belum terpecahkan, dari kontoversi keberadaan alien, keberadaan makhluk hidup diluar bumi, sampai indikasi keberadaan air di beberapa planet…..
Tapi terlepas dari itu semua luar angkasa menyimpan eksotika yang tak tertandingi,,,,, . Bila langit malam cerah dan memandang langit, takjub yang selalu ada dihati dan pikiran, alam semesta begitu luasnya terhampar dengan milyaran bintang, galaksi.

Eksotika luar angkasa membuat umat manusia berusaha mengeksplore maha luasnya luar angkasa, salah satunya wahana penjelajah ruang angkasa Cassini yang berhasil memotret lokasi keluarnya semburan es di permukaan Enceladus, salah satu bulannya Planet Saturnus. Rekaman tersebut akan menambah informasi lebih banyak untuk mempelajari proses di balik fenomena alam yang menyimpan rahasia alam semesta.

Foto-foto yang dikirimkan Cassini ke Bumi memperlihatkan patahan-patahan yang panjangnya mencapai 300 meter. Masing-masing celahnya berbentuk V dengan dinding jurang yang tajam. Di sepanjang patahan dilapisi deposit material yang halus yang kemungkinan kumpulan partikel-partikel es yang jatuh. Bahkan di beberapa patahan terdapat bongkahan-bongkahan es yang besarnya seukuran rumah di sekelilingnya.

Partikel-partikel es tampak menyembur dari beberapa patahan tersebut. Bahkan partikel-partikel es juga keluar dari antara dua sumber semburan yang terekam. Para ilmuwan memperkirakan semburan terjadi karena uap hangat dari perut Enceladus yang bergerak melalui celah patahan ke permukaan. Saat uap sampai ke permukaan yang dingin, partikel-partikel es mungkin terlepas ke atmosfer.
Aktivitas yang tinggi membuat kawasan tersebut menjadi semacam geyser yang menyemburkan partikel-partikel es. Semburan tersebut setinggi hingga puluhan kilometer dan partikel-partikel yang dikeluarkannya bergerak hingga menjadi bahan baku cincin Planet Saturnus.

sumber: kompas dengan beberapa editan

Iklan

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Juni 15, 2011, in Ilmu Pengetahuan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: