Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran Matematika Model Missouri Mathematics Project (MMP)

Model Missouri Mathematics Project (MMP) memuat 5 langkah berikut.

1. Pendahuluan atau Review

a. Membahas PR

b. Meninjau ulang pelajaran lalu yang berkait dengan materi baru

c. Membangkitkan motivasi

2. Pengembangan

a. Penyajian ide baru sebagai perluasan konsep matematika terdahulu

b. Penjelasan, diskusi demonstrasi dengan contoh konkret yang sifatnya piktorial dan simbolik

3. Latihan Dengan Bimbingan Guru

a. Siswa merespon soal

b. Guru mengamati

c. Belajar kooperatif

4. Kerja Mandiri

Siswa bekerja sendiri untuk latihan atau perluasan konsep pada langkah 2

5. Penutup

a. Siswa membuat rangkuman pelajaran, membuat renungan tentang hal-hal baik yang sudah dilakukan serta hal-hal kurang baik yang harus dihilangkan.

b. Memberi tugas PR.

Contohnya adalah sebagai berikut, yaitu untuk topik memfaktorkan persamaan kuadrat.

1. Pendahuluan atau Review

a. Membahas PR, hal ini tergantung pada ada tidaknya PR.

b. Meninjau ulang pelajaran lalu yang berkait dengan materi baru.

Contohnya dengan meminta siswa menjabarkan: (x+2)(x+3); (x−3)(x+3); (x)(x+3). Guru memantau pekerjaan siswa serta memperbaiki kesalahan yang ada.

c. Membangkitkan motivasi, misalnya dengan menyatakan bahwa pengetahuan memfaktorkan ini sangat sering digunakan dalam kegiatan menggambar grafik fungsi kuadrat.

2. Pengembangan

a. Penyajian ide baru sebagai perluasan konsep matematika terdahulu.

b. Penjelasan, diskusi demonstrasi dengan contoh konkret yang sifatnya piktorial dan simbolik.

Alternatif langkahnya:

a. Minta seorang siswa menjelaskan mengapa (x + 2)(x + 3) = x2 + 5x + 6?

Ajukan pertanyaan: ”Dari mana bilangan 6 didapat?”; serta ”Dari mana bilangan 5 didapat?”

b. Guru dapat membantu dengan diagram perkalian suku dua.

c. Informasikan bahwa proses dari bentuk perkalian diubah ke bentuk penjumlahan disebut menjabarkan; sedangkan proses kebalikannya disebut memfaktorkan.

3. Latihan dengan bimbingan guru (siswa merespon soal, guru mengamati dan membantu di mana perlu, siswa dapat berdiskusi dengan teman lainnya).

Alternatifnya

a. Meminta siswa memfaktorkan x2+7x+10; x2−7x+6; x2+9x; dan x2−25.

b. Guru berkeliling untuk memantau pekerjaan siswa serta melakukan tanya jawab di mana perlu.

4. Kerja Mandiri

Siswa bekerja sendiri untuk latihan atau perluasan konsep pada langkah 2.

5. Penutup

a. Siswa membuat rangkuman pelajaran, membuat renungan tentang hal-hal baik yang sudah dilakukan serta hal-hal kurang baik yang harus dihilangkan.

b. Memberi tugas PR.

Sumber : P4TK Matematika

About labarasi

Guru Matematika

Posted on Juni 29, 2011, in Matematika and tagged , , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. aditya pratama tufiadi

    punya buku mengenai MMP ga pa?

  2. refensi tentang MMP apa aja pak ???

  3. Aku kebingungan nyari buku tentang mmp di lampung…
    buku yang membahas mmp ada di mana pak?

  4. Salam dari Nias Ya’ahowu…
    Terimakasih sebelumnya pak…

    Mau tanya ne Pak, Buku referensi pendukung MMP apa ya pak?
    Judul bukunya, nama penulisnya, dst.

    Kebetulan pak saya pake MMP ini untuk sikripsi saya,
    Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih…

  5. ass pak, boleh minta referensi buku tentang MMP ini, judul, pengarang dan penerbitnya, mohon batuannya pak, aku lgi nyari bahan buat skripsi, terima kasih.

  6. pak tolong donk diberitahiu buku yang ad tntng mmp
    saya membawa judul skripsi tntng model ini
    tpi saya tdak menemukan buku ini
    tolong bantuannya pak

  7. bunkunya apa ya pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • %d blogger menyukai ini: