Kiprah MGMP Matematika SMP Bima Barat

WhatsApp Image 2017-11-16 at 23.27.10 (1).jpegSaya mendapat sebuah kehormatan besar ketika teman-teman guru matematika SMP se Kabupaten Bima Wilayah Barat memberiku kepecayaan sebagai ketua komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Sebagai ketua MGMP Matematika SMP Kabupaten Bima Wilayah Barat saya mulai menyusun rencana kegiatan dengan mengundang guru-guru matematika SMP se Kabupaten Bima Wilayah Barat. Hasil diskusi dengan seluruh anggota, disepakati bahwa kegiatan MGMP akan dilaksanakan dua kali se bulan, yaitu pada tiap minggu pertama dan ketiga. Fokus kegiatan MGMP adalah peningkatan kompetensi guru-guru anggota MGMP. Acuan peningkatan kompetensi guru yang diharapkan adalah penguasaan terhadap sepuluh kelompok kompetensi yang ditetapkan oleh P4TK Matematika dalam program Pengembangan Keprosionalan Berkelanjutan (PKB) guru Matematika SMP.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, maka pada tanggal 6 November 2017 yang lalu diadakanlah pertemuan pertama. Pada pertemuan pertama tersebut, materi kegiatan yang didiskusikan adalah modul PKB Kelompok Kompetensi A. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dan aktif menyampaikan pendapat dan idenya. Walau tidak semua guru anggota MGMP hadir, namun ada lebih dari 75% guru yang hadir. Diskusi berjalan santai, namun upaya peningkatan kompetensi tetap terjaga. Masalah-masalah yang diangkat oleh nara sumber dapat dipecahkan secara bersama oleh peserta.

Kegiatan MGMP Matematika SMP se Kabupaten Bima Wilayah Barat ini diselenggarakan atas prakarsa sendiri. Dana kegiatan ditanggung bersama oleh para guru matematika SMP se Kabupaten Bima Wilayah Barat. Para guru matematika tersebut diminta untuk menyetor dana kegiatan sebesar Rp50.000,00 setiap bulan. Dana tersebut hanya dikumpulkan dari guru-guru yang berstatus pegawai negeri, sedangkan untuk guru-guru honorer dibebaskan dari iuran.

Kekompakan guru-guru matematika SMP se Kabupaten Bima Wilayah Barat ini perlu dijaga. Kerelaan para guru menyelenggarakan kegiatan mandiri seperti ini harus tetap lestari, sehingga para guru dapat terus mengasah dan meningkatkan kompetensinya. Untuk menjaga semangat para guru, perlu adanya stimulus dari pihak lain. Stimulus tersebut sangat penting artinya bagi guru matematika SMP se Kabupaten Bima Wilayah Barat dalam menjaga rutinitas kegiatan. Pada awal kegiatan sekarang ini, kesadaran anggota MGMP dalam memberikan iuran masih cukup tinggi, namun hal itu tidak menjamin dan kesadaran tersebut akan tetap lestari. Melalui kesempatan ini kami ingin menggugah PT Astra untuk turut memberikan stimulus melalui Program Astra Untuk Indonesia Cerdas.

Iklan

About labarasi

Guru Matematika

Posted on November 17, 2017, in MGMP, Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

  • Back Link

  • Iklan
    %d blogger menyukai ini: