Olimpiade Matematika Tingkat SD dan SMP se Kabupaten Bima

logo mgmp 2Dalam rangka pengembangan mutu sumber daya manusia Indonesia sehingga mampu bersaing dalam era keterbukaan dan globalisasi dewasa ini, sangat diperlukan adanya terobosan-terobosan kreatif dari berbagai lembaga pendidikan. Pemerintah telah memfasilitasi lembaga-lembaga pendidikan agar terus melakukan berbagai terobosan yang menjamin adanya peningkatan mutu pendidikan melalui Undang-Undang nomor 20 tahun 2005 dan berbagai peraturan turunannya. Dengan adanya jaminan peningkatan mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga pendidikan yang ada di Indonesia, maka harapan tercapainya manusia Indonesia yang berdaya saing pada percaturan regional dan internasional akan mampu tercapai.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP se Kabupaten Bima Wilayah barat yang mewadahi guru-guru matematika SMP yang ada di wilayah Kecamatan Bolo, Mada Pangga, Donggo, Soromandi, Sanggar dan Tambora berupaya untuk ikut serta menjamin terwujudnya manusia Indonesia yang berdaya saing regional dan internasional sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2005 beserta sejumlah peraturan turunannya. Salah bentuk upaya tersebut adalah menjamin bahwa mutu pembelajaran yang dikelola oleh para guru matematika SMP yang tergabung dalam MGMP Matematika Bima Barat adalah pembelajaran mampu menghasilkan siswa yang mampu berdaya saing secara regional dan internasional.

Sebagai salah satu wujud penjaminan mutu pembelajaran yang dikelola oleh anggota MGMP Matematika SMP Bima Barat adalah dengan adanya penyelenggaraan perlombaan Olimpiade Matematika Tingkat SD dan SMP se Kabupaten Bima. Perlombaan tersebut bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul dalam bidang matematika yang akan dipersiapkan dalam perlombaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang secara reguler diselenggarakan oleh pemerintah setiap tahunnya. Di samping itu, kegiatan tersebut juga diharapkan menjadi alat evaluasi bagi para guru berkaitan dengan mutu pembelajaran yang telah dikelolanya.

Melalui kegiatan perlombaan tersebut diharapkan nantinya ada perwakilan Kabupaten Bima yang mampu meraih medali bidang matematika dalam ajang perlombaan OSN tingkat nasional. Prestasi seperti itu selama ini masih menjadi mimpi bagi Kabupaten Bima, karena belum pernah terjadi selama penyelenggaraan OSN ada siswa dari Kabupaten Bima yang berhasil meraih prestasi tersebut. Prestasi sebagai pemegang medali OSN bidang matematika ibarat tembok besar yang masih sulit diruntuhkan oleh siswa asal Kabupaten Bima.

Salah satu kendala terbesar yang dialami oleh para guru dalam pembinaan siswa peserta OSN bidang Matematika selama ini adalah kurangnya sarana uji coba. Sehingga adanya perlombaan Olmipiade Matematika Tingkat SD dan SMP se Kabupaten Bima yang diselenggarakan oleh MGMP Matematika Bima Barat bisa menjadi alat uji coba bagi calon peserta OSN bidang Matematika asal Kabupaten Bima. Kendala terbesar dari tidak adanya kegiatan serupa itu di Kabupaten Bima adalah kurangnya sponsor yang mau memberikan dukungan pada kegiatan tersebut. Tanpa adanya sponsor yang mendukung, akan sangat sulit untuk diselenggarakan perlombaan dengan hadiah yang mampu memotivasi siswa untuk terus belajar dan berlatih.

Masalah hadiah itulah yang umumnya menjadi kendala dalam penyelenggaraan perlombaan semacam Olimpiade Matematika Tingkat SD dan SMP yang digagas oleh MGMP Matematika Bima Barat. Sebagai langkah memotivasi siswa calon peserta lomba sehingga mereka mau mempersiapkan diri dengan matang dan berjuang dengan gigih untuk menjadi terbaik, maka besar hadiah yang mereka terima ketika berhasil menjadi yang terbaik haruslah disebutkan terlebih dahulu. Salah satu penyebab rendahnya motivasi siswa dalam berlomba selama ini adalah karena ketika mereka berhasil menjadi yang terbaik, mereka hanya diberikan piagam dan piala saja.

Melalui kegiatan perlombaan anugrah pewarta Astra ini, saya selaku ketua MGMP Matematika SMP Bima Barat mengusulkan agar Astra bersedia menjadi sponsor utama penyelenggaraan Olimpiade Matematika Tingkat SD dan SMP se Kabupaten Bima yang digagas oleh MGMP Matematika Bima Barat. Harapan kami, Astra bisa memberikan hadiah uang tunai kepada para juara, yaitu juara 1 hingga juara 6 untuk tingkat SMP serta juara 1 hingga juara 6 untuk tingkat SD. Sebagai kompensasinya, kami akan mencantumkan dalam pengumuman lomba, lembar soal, pernak-pernik lomba bahwa perlombaan tersebut disponsori oleh Astra. Kami juga bisa menyediakan waktu kepada Astra untuk mempromosikan produknya kepada para guru matematika se Kabupaten Bima.

Iklan

About labarasi

Guru Matematika

Posted on November 19, 2017, in Matematika, Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • Back Link

  • Iklan
    %d blogger menyukai ini: