Daily Archives: Januari 4, 2011

Benarkah Para Pejabat Kita Telah Bersumpah???


Pertanyaan itu saya munculkan sebagai bentuk kekecewaan terhadap tingkah pola para pejabat kita. Bagaimana mungkin seorang pejabat yang telah di ambil sumpahnya bisa melakukan kesewenang-wenangan, apa memang sumpah jabatan itu hanya sekedar seremoni belaka. Sangat disayangkan, jika para pejabat kita menganggap bahwa sumpah jabatan yang telah dilakukannya hanya sekedar kegiatan rutin bagi pejabat baru.

Semua sumpah jabatan di Indonesia memiliki redaksi yang kurang lebih sama, isinya senada yaitu berjanji atas Allah (bagi yang beragama Islam) untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sebagai contoh berikut saya kutipkan isi sumpah jabatan anggota MPR RI Read the rest of this entry

Soal Persiapan Olimpiade Matematika SD-SMP : Bilangan


Berikut ini adalah beberapa contoh soal yang saya kira sangat berguna untuk melatih siswa SD dan SMP dalam menghadapi lomba olimpiade matematika. Soal-soal berikut yang saya lengakapi dengan penyelesaiannya bisa dijadikan bahan perbandingan dalam menyelesaikan soal-soal lain yang sejenis.

Soal-soal dan penyelesaian yang saya maksud di atas adalah sebagai berikut.

1.        Carilah semua bilangan bulat positif yang kurang dari 1000 sedemikian hingga jumlah digit pertama dan digit terakhirnya 10

Read the rest of this entry

  • Back Link